Mimisan, Say It In English Please !

Posted: Juli 14, 2010 in Bahasa Inggris

Tulisan ini dibuka dengan pertanyaan ada berapa lubang yang ada pada tubuh kita ? Ada yang menjawab delapan, ada pula yang mengatakan sembilan. Supaya tidak bias jender pertanyaannya diulang kembali yaitu ada berapa lubang pada tubuh kita yang terletak di atas pusar ? Jawabannya mungkin akan sama yaitu enam lubang terdiri dari dua lubang mata, dua lubang telinga, satu lubang hidung dan satu lubang mulut. Tentu dalam hal ini kita tidak memperhitungkan lubang pori-pori kulit, lubang kelenjar liur dan kelenjar-kelenjar lainnya yang jumlahnya bisa mencapai jutaan. Pusar juga tidak masuk dalam hitungan karena sesungguhnya dia bukan ‘lubang’.

Secara fisiologis baik dari lubang mata, lubang hidung dan lubang telinga akan dikeluarkan ’cairan pelumas’ yang berfungsi untuk melindungi organ-organ tubuh ini dari kekeringan dan dari serangan kuman yang mungkin masuk ke dalam lubang tersebut. Cairan ini memang secara fisiologis pula akan disalurkan ke rongga mulut agar tidak terjadi ’penumpukan’. Namun tetap saja ada sebagian kecil dari cairan ini yang tertinggal mengendap dan mengeras baik pada lubang hidung, telinga maupun mata. Di dalam bahasa sehari-hari kita, mereka disebutnya ’tahi mata, tahi telinga dan tahi hidung’.

Tahi mata dalam bahasa awam Inggris disebut dengan sleep gunk atau kadang-kadang diberi nama kiasan morning glory. Mengapa timbul sleep gunk di sudut mata kita pada waktu kita bangun tidur ? Ini disebabkan karena pada waktu kita tidur, kita tidak mengedipkan mata. Kelenjar di mata mengeluarkan sejenis ’oli’ untuk melumaskan kornea dan membilas kuman-kuman dan pada saat kita berkedip maka ’oli’ itu akan di drain (disalurkan) melalui rongga hidung. Namun karena pada saat tidur kita tidak berkedip, maka oli ini akan terakumulasi, mengering dan akhirnya keluar sebagai gunk pada pagi hari. Lubang pada mata disebut sebagai eye socket dan mata merah yang biasanya timbul kalau kita sudah mengantuk berat atau karena kecapekan dinamakan bloodshot.

Tahi hidung atau ’upil’ dalam bahasa awam Inggris disebut dengan boogers (American English) atau bogeys (British English). Ini juga terbentuk dari cairan hidung yang mengering dan pekerjaan membersihkan boogers ini (’mengupil’) dinamakan nose-picking. Bilamana produksi cairan hidung berlebihan maka dia akan dinamakan snot (ingus) dan pekerjaan membuang ingus ini disebut dengan blow one’s nose. Dua pekerjaan ini secara sosial dianggap kurang sopan bila dilakukan di depan umum. Kalau kita sedang pilek, maka hidung kita akan mengeluarkan snot dalam jumlah banyak dan tidak jarang mengalir keluar dari lubang hidung dan kita menyebutkannya dengan runny nose. Dari lubang hidung karena kondisi tertentu dapat keluar darah segar yang dinamakan nosebleed (mimisan). Lubang hidung mempunyai nama yang unik yaitu nostril.

Tahi kuping dalam bahasa Inggris dinamakan earwax atau wax saja dan mempunyai nama medis cerumen. Untuk membersihkannya kita akan menggunakan cotton buds atau cotton swab. Bagian bawah dari daun telinga yang lentur dan berbentuk bulat dinamakan earlobe (cuping telinga) dan pada earlobe inilah paling sering dilakukan ear piercing (tindik telinga) untuk memasang earring (anting-anting). Namun dengan alasan budaya atau gaya hidup, piercing ini juga sering dilakukan pada cuping hidung, alis mata, lidah, bibir, pusar bahkan di daerah genital. Kalau kuping kita merah karena jadi bahan pergunjingan orang maka disebutnya dengan my ears are burning. Lubang pada telinga dinamakan earhole di dalam mana terdapat eardrum (gendang telinga).

Lubang yang berikutnya adalah mouth (mulut) dimana di dalamnya terdapat gigi geligi, lidah, langit-langit (palate) dan kelenjar liur. Bilamana liur yang diproduksi berlebihan dan mengalir keluar dari mulut kita menamakannya dengan drooling (’ngiler’) seperti yang sering terjadi pada bayi yang sedang teething (baru mulai tumbuh gigi susunya).

Drooling sering juga dinamakan dengan dribbling, driveling atau slobbering. Namun orang dewasa juga bisa ’ngiler’ kalau melihat atau membau makanan yang lezat dan ini dinamakan mouth-watering. Ada suatu ungkapan (idiom) yaitu to badmouth yang bermakna ’menista’ atau ’mengata-atai seseorang yang timbul dari hati yang busuk’. Pada gigi-geligi juga bisa timbul lubang yang kita namakan cavity dan kalau kita kurang rajin menyikat gigi akan timbul ’karang gigi’ yang dinamakan tartar. Pekerjaan membersihkan tartar yang biasanya dilakukan oleh dokter gigi disebut dengan scaling. Untuk menghilangkan bau kurang sedap di dalam mulut kita sering memakai ’obat kumur’ yang disebut dengan mouthwash.

Dan yang terakhir ada satu lagi ungkapan khas Indonesia yaitu ’tahi lalat’ yang dalam bahasa Inggris dinamakan dengan mole. Kata mole juga dipakai untuk menamai sejenis hewan mengerat yang suka membuat rumahnya dengan menggali tanah atau secara kiasan merujuk kepada orang yang melakukan kegiatan mata-mata.

Penulis :
Gustaf Kusno

Komentar
  1. megaynp mengatakan:

    hahaha nice post.. LOL!!

  2. Jhoeta mengatakan:

    Thanks sangat membantu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s