Inggrisnya ‘Gitu Aja Kok Repot’ Apa Ya?

Posted: Juli 14, 2010 in Bahasa Inggris

Di dalam tatanan semua bahasa di dunia ada yang disebut dengan bahasa colloquial. Dia adalah media komunikasi lisan yang amat informal sehingga tidak pernah digunakan dalam bahasa tulisan apalagi yang sangat formal sifatnya. Kendatipun dia menyandang predikat ‘bahasa pasar’, colloquialism ini sangat akrab dipakai sebagai bahasa lisan oleh masyarakat penggunanya, baik oleh golongan intelek maupun golongan non intelek. Fenomena ini berlaku pula dalam bahasa Indonesia sebagaimana contoh dalam judul tulisan ini yaitu ‘gitu aja kok repot’.

Catchword yang dipopulerkan oleh Gus Dur ini mempunyai padanan dalam bahasa Inggris yaitu What a big deal ! atau kadang-kadang diucapkan A big deal ! dan menyiratkan sindiran (irony) sekaligus cibiran terhadap pernyataan-pernyataan atau kejadian yang dibesar-besarkan. Karena tutur bahasanya yang humoris, mereka yang terkena sentilan tidak akan tersinggung atau merasa dipermalukan. Ada lagi ungkapan ‘masih untung dia tidak ditabrak mobil’ yang ternyata ada pula padanannya dalam bahasa Inggris meskipun dengan ‘gaya bahasa’ sedikit berbeda yaitu It could’ve been worse if he was hit by a car.

Orang Indonesia suka sekali menggunakan kata penghantar pokoknya. Misalnya dalam ungkapan ’pokoknya saya nggak mau ketemu dengan dia’. Apakah ada padanannya ‘pokoknya’ ini dalam bahasa Inggris ? Ternyata ada, yaitu I don’t want to meet him at any rate. Ini sebenarnya menunjukkan bahwa sebagai manusia di muka bumi kita mempunyai kesamaan berpikir, sekalipun berada dalam budaya atau kultur yang berbeda-beda. Ada lagi ungkapan yang cukup populer dalam wacana kita yaitu ‘tidak usah’. Dalam ungkapan ‘Kamu tidak usah membayar buku ini’ kita bisa mengatakan You need not pay for the book. Harap dibedakan need sebagai auxiliary verb ini dengan need sebagai regular verb. Sebagai regular verb kita akan mengatakan don’t need dan maknanya berbeda yaitu ‘tidak membutuhkan’.

Ada pula ungkapan ‘Dia boleh jadi sudah tahu’ yang dipadani dengan He might have known it, lalu ada pula ‘Apa boleh buat’ yang kurang lebih bisa dipadani dengan What can I do?. Sewaktu saya bertugas belajar di Amerika Serikat, saya pernah ditanyai oleh salah seorang pembimbing disana, mata pelajaran apa yang ingin saya ambil terlebih dahulu. Saya ingin mengatakan terserah lalu saya katakan It’s up to you ! Ternyata ungkapan itu ‘keliru’ karena si pembimbing ini langsung menukas : No, it’s not up to me! dan belakangan saya baru mendusin bahwa padanan yang lebih pas adalah Whatever !

Bagaimana mengungkapkan bahasa gaul Emangnya gua pikirin dalam bahasa Inggris ? Kita cukup mengatakan dengan Who cares ! Selanjutnya apa kira-kira padanan dari ungkapan Masa bodoh ! Yah, kita bisa mengatakan I couldn’t care less ! Dan satu lagi ungkapan yang mempunyai struktur yang mirip yaitu Setuju sekali yang dapat diekspresikan dengan I couldn’t agree with you more ! Dan satu lagi bahasa colloquial yang cukup sering kita ucapkan yaitu ’jangan jangan’. Kita boleh mengatakan I am afraid he already knew about it untuk ungkapan ‘Jangan-jangan dia sudah tahu soal itu’

Selanjutnya ada ungkapan to no avail (percuma), at all (sama sekali), under no circumstances (jangan sekali-kali) seperti pada kalimat :

She asked him to no avail – Dia percuma saja menanyai dia.
I don’t like her at all – Saya sama sekali tidak suka padanya.
Under no circumstances should you open the door – Jangan sekali-kali membuka pintu.

Dan terakhir kita berbicara tentang ‘ada’ dan ‘hilang’ pada ungkapan dibawah ini :

Ada pak Budi ? – Is Mr Budi around ?
Oh, bapak tidak ada – Oh, he is not available
Noda tinta itu tidak mau hilang – The ink stain won’t come out.

Penulis :
Gustaf Kusno

Komentar
  1. pedrian mengatakan:

    mengerjakan tugas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s