Beberapa Pertanyaan Seputar Membaca

Posted: Juli 14, 2010 in Motivasi

Semua pasti bisa membaca, dan semua orang membutuhkan yang namanya bacaan. Karena, melalui bacaan orang akan dapat menambah pengetahuan dan wawasannya tentang segala hal. Sekarang ini, kebutuhan orang akan bacaan sama dengan kebutuhan akan makanan dan minuman. Yang tidak suka membaca bersiap-siaplah ketinggalan kereta kemajuan zaman.

Namun, motivasi, tujuan, dan keinginan setiap orang dalam membaca tentu tidak sama. Hal ini terjadi karena berbedanya berbagai kebutuhan, bidang pekerjaan, dan berbagai hal lainnya yang berbeda. Dalam membacapun, setiap orang memiliki waktu, tempat, serta gaya yang terkadang tidak sama. Ini wajar saja karena semua pembaca tentu menginginkan sesuatu dari bacaannya, serta ingin membaca dengan nyaman, santai, dan menyenangkan.

Untuk mendapatkan sesuatu dari bacaaan tersebut, ada beberapa pertanyaan yang harus kita jawab. Pertanyaan tersebut harus kita ajukan sebelum kita membaca buku, majalah, Koran, dan bacaan lainnya. Gunanya, agar kegiatan membaca kita menjadi lebih efektif, fokus, dan menghasilkan sesuatu sesuai dengan yang kita harapkan. Beberapa pertanyaan tersebut adalah :

Pertama. Kenapa kita membaca buku itu. Sebuah buku menawarkan sejuta ilmu. Namun sebelum membaca buku ada baiknya juga kita bertanya kenapa kita membaca buku tersebut. Mungkin karena covernya bagus. Sinopsisnya yang membuat penasaran, atau karena ditulis oleh penulis terkenal. Masing-masing kita tentu memiliki kebebasan dalam memilih bacaan. Namun penting kiranya kita untuk mempertanyakan kenapa kita membaca buku tersebut. Hal ini penting agar dalam memilih bacaan kita dapat memetik manfaat dari bacaan tersebut.

Kedua. Apa manfaat bacaan tersebut bagi kita. Mencari manfaat dari bahan bacaan harus dilakukan agar kita lebih fokus dalam memilih bacaan. Dengan adanya pertanyaan tersebut, maka kita terangsang untuk mendapatkan apa yang kita inginkan. Kita menjadi lebih jeli memilih buku yang sesuai dengan yang kita inginkan. Ini dipengaruhi oleh ruang dan waktu yang kita miliki. Apalagi, bagi kita yang sangat sibuk dengan pekerjaan sehari-hari, mobilitas yang tinggi, serta bidang keahlian yang khusus.

Ketiga. Apa pengaruh bacaan tersebut bagi diri kita. Bacaan yang tidak memberikan pengaruh bagi diri kita bukanlah bacaan yang pas untuk kita baca. Mungkin belum saatnya, mungkin juga bacaan tersebut memang tidak kita butuhkan. Bacaan yang baik adalah bacaan yang dapat memberikan pengaruh bagi pembacanya baik secara langsung atau tidak langsung. Buku-buku ketrampilan, buku-buku agama, ataupun buku yang lainnya memberikan pengaruh yang baik baik bagi kita. Pelajaran yang dituliskan dapat langsung dipraktekkan. Namun demikian, sangat banyak bacaan yang kit abaca, pengaruh bacaan tersebut muncul dalam jangka waktu yang lama.

Itulah beberapa hal yang sekiranya perlu diperhatikan ketika kita memilih bahan bacaan. Karena masing-masing kita memiliki kebutuhan, dan cara pandang yang berbeda tentang hal ini, dipersilakan untuk mengembangkan lebih lanjut beberapa pertanyaan tersebut. Tujuan utamanya adalah agar dalam membaca kita selalu mendapatkan sesuatu yang kita cari bacaan tersebut. Artinya, kita tentu tidak ingin melakukan kegiatan yang sia-sia, apalagi dengan waktu yang cukup lama. Selamat membaca.

Penulis :
Icai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s