Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam Handphone

Posted: Juni 6, 2010 in Umum

KAMUS Besar Bahasa Indonesia adalah kamus ekabahasa resmi bahasa Indonesia yang disusun oleh Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa dan diterbitkan oleh Balai Pustaka. Kamus ini menjadi acuan tertinggi bahasa Indonesia yang baku. Hingga saat ini sejak KBBI terbit pertama kali pada tahun 1988 sudah mengalami tiga kali revisi. Edisi terakhir adalah edisi keempat yang cetakan pertamanya diterbitkan pada tahun 2008.

Sejarah penerbitannya dimulai dari 1988. Edisi pertama adalah hasil pengembangan dari Kamus Bahasa Indonesia yang terbit pada tahun 1983. Kamus ini baru memuat 62.100 lema. Edisi keduanya diterbitkan pada 1991, edisi ini adalah revisi dengan edisi pertama dan memuat 72 ribu lema. Lalu edisi ketiga diterbitkan pada 2005. Di edisi ini memuat 78 ribu lema.

Menurut Dr. Dendy Sugono, Kepala Pusat Bahasa, seperti yang dilansir Wikipedia Indonesia (http://id.wikipedia.org/wiki/Kamus_Besar_Bahasa_Indonesia) kamus ketiga ini masih terasa banyak sekali kosakata yang belum masuk. Tetapi harap diingat bahwa KBBI adalah Kamus Umum berisi kosakata umum, sehingga dalam kamus tidak termasuk berbagai istilah. Untuk penggunaan kamus bidang ilmu tertentu Pusat Bahasa juga memiliki Kamus Istilah. Yang terakhir direvisi lagi pada 2008. Edisi keempat memuat lebih dari 90 ribu lema dan sublema.

KBBI ini sangat berguna bagi para guru, jurnalis, aktivis atau masyarakat umum yang hendak mempelajari Bahasa Indonesia baku yang digunakan secara formal dalam percakapan, tulisan atau surat-menyurat. KBBI adalah panduan yang sangat tepat. Untuk para jurnalis memiliki KBBI adalah keharusan.

Nah, sekarang KBBI sudah dibuat menjadi satu program untuk telepon genggam kita. Aplikasi KBBI Mobile ini dibuat oleh Yuku dengan alamat http://www.kejut.com/kbbimobile, namun kosa kata yang diambil tetap menjadi hak dari Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Aplikasi kamus ini sekarang tersedia versi 1.1.3 dengan ukuran file sekitar 2,9MB, untuk menggunakan kamus ini minimal ponsel Anda mendukung Java MIDP-2.0 dan CLDC-1.1.

Cara menggunakan KBBI Mobile cukup mudah, pertama download aplikasinya kemudian instal. Selanjutnya buka aplikasi dan ketik kata yang ingin dicari setelah itu tekan ‘cari’. Jika kata yang dicari sudah ada di kamus maka akan ditampilkan daftarnya, silakan tekan salah satu tombol keypad dari 1-9 sesuai dengan urutan kata yang muncul. Namun jika hanya ada 1 kata, maka kita cukup tekan tombol ‘1′ untuk melihat penjelasan dari kata tersebut dalam kamus Bahasa Indonesia. Selamat mencoba.

Penulis :
Jafar Bua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s