Cara Bikin Bahasa Inggris jadi Mudah!!

Posted: Mei 24, 2010 in Bahasa Inggris

CARA-CARA SEDERHANA UNTUK BELAJAR BHS. INGGRIS

Ya!!!!!! Persaingan global sudah di depan mata,, Persaingan global ibarat kita menghadapi kompetitor-kompetitor yang unggul (dari segi SDMnya) dari negara-negara lain…seperti konsep seleksi alam… MAU BERTAHAN DAN MAMPU BERSAING ATAU TERGERUS OLEH PERSAINGAN.. sebagai contoh misalnya (kalau tidak salah) tahun 2015 akan terbentuknya masyarakat ASEAN. Berarti ASEAN akan terlihat seperti 1 kota yang sempit, dimana dokter-dokter dari Singapore, Malaysia, dapat membuka praktik umum di Indonesia, ataupun jenis pekerjaan lainnya. Bayangkan apa yang terjadi????????

Sebagai generasi muda penerus bangsa, sudah sepatutnya kita jangan mau kalah dalam bersaing!!!!!! Ingat KUALITAS SDM KITA NGAK KALAH, KITA JUGA PUNYA BUDAYA YANG ADI LUHUNG (TOLERANSI DAN GOTONG ROYONG), DAN KITA JUGA MEMILIKI PANCASILA (FALSAFAH BANGSA INDONESIA YANG TIDAK DIMILIKI OLEH NEGARA LAIN)………..

Untuk mampu bersaing di dunia global, tentunya modal dasar yaitu Kemampuan Berbahasa Inggris.. Fakta-fakta kenapa sebagian besar masyarakat kita kurang mampu berbahasa Inggris adalah

1. BHS Inggris bukan bahasa ke-dua kita. Beda dengan negara lain yang BHS Inggrisnya menjadi Bahasa Kedua. Bahasa Kedua kita adalah Bahasa Indonesia (Bahasa Nasional), Bahasa pertama kita adalah bahasa ibu. Sebagai contoh saya orang Bali jadi bahasa pertama saya adalah bahasa bali. Terkadang saya sempat berpikir, mungkin bahasa pertama sampai bahasa keempat saya adalah bahasa bali…. karena bahasa bali ada 4 jenis yaitu bahasa bali halus, bhsa bali madya, bhsa bali kepara, dan bahasa bali kasar.. Walaupun begitu hampir semua masyarakat Bali bisa dan mampu berbahasa Indonesia dengan baik dan benar… Kenapa??? Karena kami BANGGA mempunyai bahasa nasional yaitu BAHASA INDONESIA, (SAYA BANGGA karena Indonesia memiliki kekayaan bahasa yang banyak (kurang lebih 583 bahasa) yang mungkin tidak dimiliki oleh Negara lain,,,, untuk itu SAYA BANGGA MENJADI ANAK INDONESIA..

Mungkin hal ini sebagai salah satu penyebab kita kurang mampu berbahasa inggris, saya tegaskan… TIDAK (asal ada kemauan dalam diri kita untuk belajar bhasa inggris)……. Tentunya kita bangga,… Otak kanan (tentang kemampuan berbahasa) masyarakat Indonesia sangat berkembang dengan baik… sebagai contoh, para tetua di Bali selain bisa bahasa bali dan bahasa Indonesia, juga bisa berbahasa jawi (jawa kuno) dengan baik….

2. Di sekolah-sekolah baik tingkat SD,SMP, dan SMA pada pelajaran bahasa Inggris masih terlalu focus pada grammar dan teacher center. Coba bayangkan jika di sekolah, khususnya Mata pelajaran bahasa inggris itu seperti bermain sambil belajar.. BETAPA MENYENANGKAN BELAJAR BHSA INGGRIS……

Adapun cara-cara untuk belajar bahasa Inggris, antara lain:

1. JANGAN BERPIKIR BAHASA INGGRIS ITU SULIT DAN MENYERAMKAN…. Ubah mindset tersebut menjadi “BAHASA INGGRIS ITU MUDAH DAN MENYENANGKAN”

2. Jangan terlalu focus pada grammar (bagi pemula)… tekankan pada KOMUNIKASI… Dimana komunikasi akan berjalan dengan baik jika pihak yang diajak bicara mengerti dengan apa yang kita maksud… Intinya “JANGAN TAKUT BERBICARA DALAM BAHASA INGGRIS TOH ITU BUKAN BAHASA KITA”..

Seiring dengan itu, grammar akan kita peroleh sebagai efek ikutan,…

Jadi jangan terlalu focus dengan grammar, fokuskan pada “BETAPA MENYENANGKAN BERBAHASA INGGRIS ( INGAT INI MODAL DASAR KITA UNTUK MAMPU BERSAING DI DUNIA GLOBAL)… wah, jadi tambah banyak deh kita memiliki bahasa,, Itulah kenapa (menurut saya) Orang Indonesia, Otak Kanannya berkembang dengan baik…

Sebagai contoh: saya dulu tidak suka dengan pelajaran bahasa inggris, dari SD sampai SMA, tetapi hal ini amat sangat berbeda sekarang.. ketika menginjak bangku kuliah.. tepatnya semester pertama… ketika saya mendapatkan mata kuliah bahasa inggris, Kuliahnya begitu mengasyikkan dan menyenangkan,,, Hal ini tentu karena proses belajar mengajarnya Student centre.. Dimana Dosen berulang kali mengatakan dan mengingatkan “ mari berlatih berkomunikasi, jangan dipikirkan dulu grammarnya”…

Pertemuan kedua.. Dosen saya menulisk sesuatu di papan tulis,

Noodle 1 kg, dan masih banyak lainnya yang berupa alat dan bahan untuk berkemah,,,, dan pada akhirnya dosen menyuruh mahasiswanya,” Barang-barang yang hanya bisa dibawa adalah 5 kg, jadi pilih yang menurut Anda yang bersifat Urgen, Setelah selesai presentasikan per individu, dan yang lainnya bisa menyanggah”.. sejak saat itu, saya berani berkomunikasi dengan bahasa inggris dalam presentasi… di saat tertentu ketika saya tidak bisa menjawab, selalu dituntun oleh dosen untuk berusaha menjawab,,,,

3. Asah kemampuan berbahasa inggris melalui HOBI… Entah hobi anda baca novel, game online, ataupun chatingan di jejaring social. Sebagai contoh: 1. Saya amat suka chat di jejaring social. Karena saya ingin belajar bahasa inggris, sya beranikan untuk add teman dari luar negeri…. Lalu saya chat dengan mereka.. banyak dari mereka juga mengatakan bahasa inggris mereka masih jelek,, Tapi saya katakan “ lets learning English together”… Sejak saat itu, saya hobi chat dengan orang luar dan berkomunikasi langsung entah melalui call and video chat,,, pokoknya SERU!!!!!! 2. Adik sepupu saya yang baru kelas 6 SD, yang hanya bermain game online (kira-kira lebih dari 5 jam sehari), suatu hari saya chat dengan dia… tanpa sengaja saya menggunakan bhsa inggris.. eh ternyata dia balas juga dengan bhsa inggris,,, amat sangat lancar…. Dan saya tanya: where did u learn it??? Dan dia jawab: of course, I learnt English from game online,, seketika itu saya sadar, game online ternyata ada manfaat positifnya…. 3. Jika Anda hobi membaca novel, cobalah untuk membaca novel yang berbahasa inggris, itu akan sangat membantu dalam belajar bhsa inggris.

NB: SAYA BANGGA MENJADI ANAK INDONESIA

Penulis :
Ketut Juliantara

Komentar
  1. Ketut Juliantara mengatakan:

    Terima kasih sudah menyebarkan dan membaca tulisan saya ini… :’)
    NB: SAYA BANGGA JADI ANAK INDONESIA

Tinggalkan Balasan

