Bahasa Indonesia Diminati Banyak Negara

Posted: Mei 24, 2010 in Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia yang merupakan bahasa persatuan kita ternyata sekarang ini sudah dipelajari oleh sedikitnya 40 negara di dunia dan dimasukkan dalam pelajaran bahasa asing dari mulai pendidikan dasar hingga perguruan tinggi. Informasi ini saya ambil dari kompas.com. Dikatakan juga bahwa negara yang paling intens mengembangkan bahasa Indonesia sebagai bahasa asing diantaranya adalah jepang, Australia, Malaysia dan Singapura.

Dengan semakin banyaknya negara yang mempelajari bahasa Indonesia ini diharapkan banyak negara semakin mengenal kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia serta dapat mengenal lebih baik tentang Indonesia. Kita patut berbangga dengan hal ini, karena bahasa Indonesia sudah dipelajari oleh banyak negara dan sudah dijadikan pelajaran bahasa asing dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi.

Kita juga harusnya juga terus berusaha agar bahasa Indonesia semakin dipelajari oleh lebih banyak negara lagi karena dengan begitu banyak negara juga nantinya akan tahu seperti apa Indonesia yang memiliki kebudayaan yang beragam. Dengan mengerti bahasa Indonesia maka juga akan semakin memahami kebudayaan yang dimiliki Indonesia karena mereka akan lebih mudah menangkap atau menerima kebudayaan-kebudayaan yang ada di Indonesia.

Mungkin dengan semakin banyak negara yang mempelajari bahasa Indonesia bisa saja suatu saat bahasa Indonesia menjadi bahasa Internasional dan bisa saja bahasa Indonesia juga digunakan sebagai bahasa resmi dunia, jadi dalam forum-forum Internasional ataupun dalam segala hal digunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa yang utama.

Bahasa Indonesia merupakan salah satu keragaman budaya kita, jadi jangan sampai bahasa Indonesia diklaim oleh negara lain dan kita harus mempertahankan bahasa Indonesia ini agar tetap menjadi bahasa persatuan yang dimiliki oleh Indonesia dan juga kita harus berusaha agar bahasa Indonesia bisa mendunia agar bangsa ini juga bisa semakin maju dan dapat terus berkembang.

Penulis :
Rindy Agassi

Komentar
  1. hani yanuar mengatakan:

    selain australia, singapura, malaysia, dan jepang negara apa lagi sih yang suka mempelajari bahasa indonesia??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s