Tentang Jepang !

Posted: Mei 22, 2010 in Bahasa Jepang

Jepang, adalah suatu negara yang sangat kontroversial terutama dimata orang Indonesia. Banyak cerita tentang Jepang. Jepang pernah menjajah Indonesia , katanya seumur Jagung yaitu tiga setengah tahun. Beberapa waktu yang lalu orang Indonesia enggan sekali untuk membeli barang-barang buatan Jepang, karena terkenal sebagai barang :”kodian”, barang plastik dan lain-lain yang artinya adalah berkualitas jelek. Namun beberapa waktu kemudian, menjadi terbalik, yaitu orang Indonesia justru mencari barang-barang yang asli bikinan Jepang, karena kualitasnya jauh lebih bagus dari bikinan negara lain. Kemajuan Jepang memang sangat fenomenal. Kalau dahulu orang sangat fanatik dengan mobil bikinan Amerika dan Eropa, maka sekarang ini, bahkan orang Amerika dan Eropa sendiri banyak yang menjadi fanatik dengan mobil Jepang.
Dominasi jam tangan “Swiss” tumbang dengan jam tangan-jam tangan buatan Jepang. Hampir semua barang-barang di dunia ini sepertinya menjadi “made in Japan”. Di Kota-kota Dunia seperti New York, San Fransisco, Paris, London dan lain-lain, banyak dijumpai barang “souvenir” nya ternyata “made in Japan”.
Setelah perang dunia kedua berlalu, Jepang mungkin adalah negara yang paling maju, tidak saja dibandingkan dengan negara-negara yang kalah perang, bahkan bila dibandingkan dengan negara yang memenangkan perang sekalipun ! Jepang telah menjadi satu negara yang sangat “mengagumkan”.
Konon orang Jepang adalah orang-orang yang tidak mau mengakui bahwa dunia ini dikuasai oleh orang-orang Yahudi yang pintar. Konon orang Jepang selalu ingin memperlihatkan bahwa Jepanglah yang paling maju di dunia ini.
Filosofi orang Jepang adalah “Kaizen”, artinya “perbaikan/perubahan tiada henti”. Itulah yang memacu etos kerjanya.
Katanya, para manajer orang Jepang kewalahan harus menegur pegawainya yang sering curi-curi untuk tidak mau mengambil cuti. Bayangkan, biasanya orang curi-curi waktu untuk cuti atau bolos, di Jepang susah sekali memerintahkan orang untuk cuti ! Cuti telah menjadi kewajiban bagi orang Jepang dan harus ke luar negeri ! katanya.
Berkunjung ke Jepang sangat menyenangkan. Banyak yang bisa dilihat dan sekaligus dipelajari. Jangan kaget, karena konon di Jepang banyak sekali orang Jepang yang menyenangi lagu Bengawan Solo dan juga lagu-lagunya Ebiet G AD.
Dibanyak toko-toko besar yang sering dikunjungi turis di Tokyo, mereka menyediakan orang-orang khusus untuk melayaninya, termasuk ada orang-orang Indonesia yang bekerja di toko-toko tersebut yang tugasnya melayani turis dari Indonesia, jadi kita bisa belanja menggunakan bahasa Indonesia. Kelemahannya hanya satu saja, yaitu barang-barang yang dijual disitu pada umumnya adalah asli “made in Japan” dan harga nya sangat mahal untuk ukuran kebanyakan orang Indonesia.
Frans, atau Nufransa Wira Sakti tahu banyak tentang hal ini. Sebentar lagi Iskandar Jet akan menyusul….. Selamat ya !
Salah satu yang istimewa dari Jepang adalah sistem transportasinya. Disana ada kereta api dengan kecepatan “peluru”, “the bullet train” orang Jepang bilang “Shinkanzen” dan banyak lagi angkutan umum yang tidak hanya bersih dan tepat waktu akan tetapi juga terpadu.
Katanya, bila sampai ada kereta api yang terlambat sampai lebih dari 20 menit saja, maka hal tersebut akan menggegerkan sidang kabinet pemerintahannya. Bagaimana kalau bolak balik terguling atau tabrakan ? kurang jelas apa jadinya.
Semua angkutan umum serba prima, karena menjadi prioritas kerja pemerintahnya. Pemerintahnya terdiri dari orang-orang yang sangat memperhatikan kepentingan orang banyak terlebih dahulu baru dirinya sendiri. Itu sebabnya tidak hanya sistem angkutan umum yang cepat dan tepat yang dikelola dengan baik, akan tetapi juga lalulintas jalan rayanya. Di Tokyo, di jalan-jalan yang satu arah, benar-benar satu arah, tidak ada motor-motor yang dengan tenang menerobos berlawanan arah, demikian pula bila lampu merah tidak ada seorang pun yang berani untuk menerobosnya, tidak ada itu… tidak ada itu ! Hukuman untuk hal-hal seperti ini sangat keras.
Begitu besar perhatian pemerintahnya kepada kepentingan orang banyak, sehingga mereka pun memberikan fasilitas yang khusus untuk angkutan anak-anak di Jepang. Salah satunya adalah dengan menyediakan kereta api untuk anak-anak. Gambar-gambarnya bisa dilihat dibawah ini. Jadi kesimpulannya untuk Iskandar Jet, anda boleh koq bawa anak anda ke Jepang. Selamat Jalan ! Have a Nice Trip !

Penulis :
Chappy Hakim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s