Sulitnya Mencari Guru Bahasa Arab di Negeri Arab

Posted: Mei 22, 2010 in Umum

Ketika membaca Gulf news,ada perasaan gimana gitu,karena di salah satu tulisan di koran itu di sebutkan betapa sulitnya mendapatkan guru bahasa arab yang profesional,memang kalo yang jago bahasa arab banyak yang menjadi masalah adalah guru bahasa arab di dubai juga harus fasih berbahasa inggris,karena kebanyakan peserta didik adalah non arab.

Bahkan ada sebuah keluhan dari seorang ibu yang melihat nilai bahasa arab anaknya begitu rendah di sekolah,dengan sedikit kesal sang ibu menyalahkan mutu dari guru bahasa arab yang mengajar di sekolah anaknya.

karenanya banyak ibu-ibu di dubai berniat untuk memberi les tambahan bahasa arab untuk anaknya,menjadi persoalan karena biaya untuk ini lumayan besar,di dubai biaya private bahasa arab berkisar antara 150 sampai 300 dirham perbulan hanya untuk dua kali pertemuan dalam seminggu.

Beruntung ternyata sang ibu yang complain itu berniat belajar sendiri bahasa arab,karena dia memang seorang pembelajar sejati,dia juga mengatakan bahwa belajar bahasa baru adalah sebuah tantangan.sang ibu yang bernama naina nair ini juga mengaku sudah menguasai 6 bahasa yang berbeda,keren khan ? (gulf news,edisi jum’at 11 desember 2009)

Ms naina Nair ini juga mengatakan penting bagi kita yang tinggal di uni emirate arab untuk mengerti bahasa lokal di uni emirate arab yaitu bahasa arab.dia juga sangat menikmati ketika mendengar seseorang berbahasa arab,sebuah modal awal yang bagus untuk mempelajari sebuah bahasa yaitu merasa nikmat,dan tidak menganggap belajar bahasa itu sesuatu yang membosankan.

seorang pakar sekaligus pendiri Rearden education,Namir hanna menyebutkan ada beberapa penyebab mengapa pembelajaran bahasa arab kurang begitu berhasil di sekolah-sekolah,persoalan pertamanya adalah kurang tersedia buku teks pelajaran yang bagus,di tambah guru bahasa arab yang seadanya untuk tidak mengatakan jelek,ini di perparah minat peserta didik yang tidak terlalu antusias belajar bahasa arab.

selain tiga masalah di atas,Namir hanna juga menyebutkan kurangnya jam pelajaran untuk bahasa arab,menjadi kendala bagi siswa untuk menguasai bahasa tersebut.pertanyaanya ,
sebuah tempat belajar bahasa arab di dubai.

sebuah tempat belajar bahasa arab di dubai.

apakah persoalan di dubai juga terjadi di indonesia,di mana sulit mencari guru bahasa indonesia yang ok ? mudah-mudahan tidak.

Penulis :
Mukti Ali

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s