Revolusi Cara Belajar: Belajar Tanpa Batas!

Posted: Mei 22, 2010 in Umum

REVOLUSI CARA BELAJAR: BELAJAR TANPA BATAS!

Masih ingatkah anda dengan buku The Learning Revolution: To Change The Way The World Learn, karya Gordon Dryden and Jeannete Vos? Buku ini diterbitkan di Indonesia oleh Penerbit Kaifa dengan judul Revolusi Cara Belajar.

Pada bulan November 2008, pasangan ini meluncurkan buku baru mereka yang berjudul Unlimited:The New Learning Revolution and The Seven Keys to Unlock it. Buku ini diterbitkan oleh The Learning Web, Auckland, new Zealand. Buku ini berharga 40 USD. Mahal memang, tapi sangat setimpal dengan desainnya yang mewah dan kuat, dan tentunya dibanding dengan ilmunya.

Saya beli buku ini masih dalam edisi aslinya. Entah kapan akan ada yang menerbitkan buku ini di Indonesia. Buku Revolusi Cara Belajar diterbitkan oleh Kaifa Oktober tahun 2000, sedangkan cetakan edisi aslinya diterbitkan pertama kali tahun 1993!

Isi buku ini tidak banyak berbeda dengan pendahulunya.

Menurut saya buku kedua ini adalah “update” untuk melengkapi metode-metode dan pemikiran pasangan penulis yang ada di buku pertama.

Di buku pertama (saya membaca yang edisi bahasa Indonesia), banyak hal-hal baru di waktu itu yang dikemukakan oleh penulis. Banyak sekali pengenalan fakta dan metode baru yang diungkapkan melalui format buku yang sangat khas. Di halaman kiri, anda akan menemukan gambar, ilustrasi, atau teks dalam ukuran besar yang anda akan dapatkan penjelasannya di halaman sebelah kanan.

Jika anda malas membaca seluruh isi buku, membaca dan melihat halaman kiri saja sudah sangat cukup untuk mewakili buku ini.

Di buku yang kedua, konsep “penampakkannya” sama persis dengan pendahulunya. Hanya kali ini dibuat dua bagian per satu halaman, bagian foto dan ilustrasi, dan bagian penjelasan.

Buku kedua ini menyajikan fakta-fakta baru di dunia pembelajaran dan pendidikan. Banyak diungkapkan contoh-contoh sekolah yang sudah mengadaptasi konsep-konsep yang mereka ajukan di buku pertama dan yang mendukung isi dari buku yang kedua ini.

Secara keseluruhan, ide dari buku kedua ini adalah untukmendorong kepada pembaca untuk memaksimalkan salah satu penemuan terbesar dalam sejarah peradaban manusia, yaitu INTERNET, untuk proses pembelajaran dan pendidikan.

Inilah Tujuh Kunci Utama Untuk “membongkar” Revolusi Cara Belajar di masa kini:

1. GLOBAL
2. INTERACTIVE
3. SHARED
4. PERSONAL
5. CO-CREATIVE
6. INSTANT
7. (OFTENLY or ALMOST) FREE

PENJELASAN

I. GLOBAL
Ruang lingkup tanpa batas. Kita semua sekarang sedang menghadapi dan bergelut dengan revolusi paling hebat dalam sejarah manusia. Internet berdampak “sistemik” terhadap peradaban manusia. Internet berdampak kepada hampir setiap individu manusia yang ada di muka bumi ini, negara, secara global, dan dalam banyak cara, tidak terbatas. Internet menghilangkan pembatas dan tembok penghalang yang sudah ada sejak peradaban manusia dimulai. Sebagai inti dari tujuh kunci utama yang berpadu dan bertemu untuk merubah cara gaya hidup kita, cara kita bekerja, belajar, bermain, mengajar, berpikir dan di semua tingkatan usia manusia.

Kunci untuk membuka masa depan sangat sederhana tapijuga sangat revolusioner. Sekali terbuka, revolusi itu mempunya kekuatan untuk melepaskan bakat gabungan dari jutaan, bahkan milyaran individu.

II. INTERACTIVE
Penemuan tanpa batas. Selama beberapa dekade, hampir semua siswa sekolah sudah mempelajari subyek- subyek seperti sejarah, perjalanan ke angkasa dan ilmu pengetahuan lainnya. Sekarang mereka dapat benar-benar membangun kembali peradaban Roma dan Athena (dengan SimCity), membuat “alam semesta” mereka masing- masing (dengan Spore), dan benar-benar menjadi seorang ilmuwan. Brigham Young University’s Virtual ChemLab menyediakan ruang praktek untuk masa depan, untuk sekira 150.000 pelajar sains online. Sekarang: The New Cyberspace University.

III. SHARED
Kemitraan tanpa batas. Sangat ironis sekali, 59 juta guru sekolah di seluruh planet bumi bekerja terisolasi, seperti layaknya Web tidak pernah ada buat mereka. Tapi di Singapore’s Overseas Family School, 3.500 pelajar lebih dari 70 negara tidak hanya bermitra untuk membuat visi mereka terhadap masa depan, bahkan mereka membantu guru mereka untuk mendigitalisasi bahan pelajaran dengan Macromedia Flash dan animasi komputer. Sekarang, model pelajaran seperti itu dapat dibagi dan didapatkan secara GRATIS.

IV. PERSONAL
Pengembangan potensi tanpa batas.
Setiap orang memiliki potensi untuk menjadi berbakat dan sukses, tapi dengan cara yang berbeda. Setiap bayi yang sehat lahir dengan 100 milyar sel aktif. Masing-masing memiliki kemampuan untuk tumbuh setidaknya 10.000 koneksi. Kemampuan belajar ini berkembang paling dari lahir sampai umur empat tahun. Dan itulah sebabnya, Thomas Jefferson Institute, Mexico, psikolog membantu orangtua untuk membuat rencana pembelajaran yang spesifik untuk setiap anak.

V. CO-CREATIVE
Ketika puluhan ribu orang yang belum pernah bertemu bisa menulis sepuluh juta artikel dan bersama-sama membuat ensiklopedia terbesar di planet bumi, sesuatu yang menakjubkan sedang berlangsung di dunia ini. Ketika Wikipedia hadir secara instant dan gratis untuk 1, 4 milyar orang di dunia ini, keajaiban pun telah hadir. Ketika 4 milyar orang akan segera memiliki sebuah ensiklopedia di dalam sakunya, dunia sekarang sedang bergerak ke sebuah era baru Renaissance: yang akan kita buat bersama-sama!

VI. INSTANT
Mobilitas Tanpa Batas.
Sampai tahun 2000, setengah dari manusia yang hidup di planet bumi belum pernah merasakan sebuah panggilan telepon. Hanya 12 persen yang memiliki telepon selular. Sekarang, lebih dari setengah manusia memiliki telepon selular: 3, 3 milyar. Akhir 2009, 4 milyar telepon selular akan digunakan, untuk 6, 6 milyar penduduk dunia. Segera, anda akan memiliki Google di saku anda.

VII. (OFTENLY or ALMOST) FREE
Pilihan Tanpa Batas.
Di China, para pelajar dapat membeli komputer murah tanpa sistem operasi-dan mengunduhnya secara gratis dari Web. Lalu mereka dapat menggunakan alat yang sama untuk mengajar bahasa Mandarin kepada dunia. Google telah menghasilkan kekayaan yang luar biasa besar yang didoroang oleh hanya satu gagasan sederhana: memberikan informasi secara gratis dan “membuat satu milyar klik yang bernilai satu sen per-kliknya).

Di antara deru vacum cleaner dan tangisan anakku tercinta..
Doha, 21 Desember 2009.

Penulis :
Didaytea

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s