Pentingnya Memahami Bahasa Arab

Posted: Mei 22, 2010 in Bahasa Arab

Quran diturunkan di daerah arab dengan menggunakan bahasa arab, tentunya Allah mempunyai alasan tersendiri dengan hal itu. kenapa diturunkan di Arab, bukan di Indonesia? kenapa diturunkan dengan bahasa Arab? kenapa bahasa yang di pakai di surga oleh ahli surga adalah bahasa arab? begitu banyak pertanyaan dengan berbagai jawaban menurut versinya masing masing.

terlepas dari pertanyaan itu semua, saya ingin mencoba membahasnya menurut pengalaman saya sendiri. Alhamdulillah saya diberi kesempatan mengenal 4 bahasa selama ini (baru mengenal belum menguasai), yaitu bahasa betawi, indonesia, arab, dan inggris. untuk bahasa inggris dan bahasa arab, saya mempelajarinya di pesantren.

Diantara empat bahasa itu, semuanya mempunyai kelebihan dan kegunaan tersendiri. menurut saya bahasa arablah yang paling susah sekaligus paling indah tata bahasanya. khususnya bahasa Arab yang digunakan dalam Alquran. bahasanya penuh dengan syair-syair dan tata bahasa yang bisa membuat seseorang mengucurkan air mata. merupakan kebahagiaan tersendiri bisa sedikit memahami alquran baik yang sedang dibaca ataupun didengarkan, apalagi kalau seseorang membacanya dengan lantunan suara yang sangat merdu. juga merupakan kebahagiaan tersendiri bila mengerti bacaan shalat yang diucapkan, begitu juga do’a yang imam bacakan.
kurikulum pendidikan yang diajarkan di lembaga pendidikan Islam, kalau memungkinkan di sekolah biasa juga, hendaklah selalu menekankan pada pembelajaran bahasa arab di samping bahasa-bahasa yang lain. karena memang kehidupan siswanya yang tidak jauh dari “bahasa arab”. shalat, alquran , do’a (meskipun tidak harus dengan bahasa arab) adalah sesuatu yang selalu dekat dengan kehidupan muslim.

mudah-mudahan dengan mengerti apa yang dibaca, menjadikan seorang muslim bisa lebih memahami Alquran dan keindahannya agar bisa lebih mendekatkan kepada Allah.

Penulis :
Azet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s