Pengaruh Bahasa Arab pada Pancasila

Posted: Mei 22, 2010 in Umum

dulu waktu kita duduk di sekolah dasar kita pasti pernah di suruh membaca pancasila,ternyata anak tk sekarang juga sudah bisa membaca dan menghapal pancasila.hanif ali khadavi,anaku si mata wayang sudah bisa membacal pancasila,pernah pada suatu hari khadavi di suruh gurunya untuk membaca pancasila.

Alhamdulillah,khadavi bisa membaca dengan baik,walau rada belepotan di sila ke 4.ali mencoba untuk kembali membaca pancasila.dari sila 1 sampai sila ke 5.

sila 1

ketuhanan yang maha esa.

sila ke 2

kemanusiaan yang adil dan beradab

sila ke 3

persatuan indonesia

sila 4

kerakyatan yang di pimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan

sila ke 5

keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.

dari ke lima sila itu,kita bisa melihat ada kata-kata yang di ambil dari bahasa arab,di mulai dari sila ke dua pada kata,adil,dan adab,di sila ke 4 pada kata hikmah,musyawarah, dan wakil,serta pada sila ke 5 bisa di lihat di kata adil.jadi ada kata-kata bahasa arab yang di gunakan dalam pancasila.

selain itu ada juga bahasa arab lainnya yang telah akrab dengan telinga orang indonesia seperti ikhtiyar,rahmat,da’wah,zhalim,saking banyaknya bahasa arab yang udah menjadi bahasa keseharian kita, cak nur pernah menulis kalimat seperti ini ” wakil-wakil rakyat dalam dewan dan majelis,bersama ahli-ahli dari mahkamah dan kehakiman,secara musyawarah mufakat membahas masalah hak-hak asasi,hukum,ketertiban umum dan keamanan sebagai syarat mutlak terwujudnya masyarakat adil makmur,dan hasilnya melalui maklumat resmi di siarkan ke daerah-daerah dan wilayah-wilayah.

semua kata-kata dalam kalimat itu adalah bahasa arab,keculi kata-kata penghubungnya. (pintu-pintu menuju tuhan )

jadi kalo anda merasa tidak bisa berbahasa arab,coba cek lagi deh vocab anda,bisa jadi anda sebenarnya bisa bahasa arab tapi enggak nyadar,hahaha

Penulis:
Mukti Ali

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s