Mengapa Malu Belajar pada Orang Lain?

Posted: Mei 22, 2010 in Motivasi

Terkadang kita sombong, dan kesombongan itu yang menyebabkan kita tidak mau belajar. Kita terkadang malu dan tidak mau untuk belajar kepada orang lain.

Contohnya seseorang yang merasa dirinya paling pintar, malu dan tidak mau belajar dari orang yang dianggapnya lebih bodoh. Dia merasa bahwa semua yang dikatakan orang itu adalah bualan belaka yang tidak berguna. “Masa sih aku harus mendengar kata-katanya. Jabatannya kan lebih rendah dariku,” itulah yang kadang kita pikirkan.

Ada juga orang yang malu untuk belajar kepada orang yang memiliki pola pikir yang berbeda dengannya. Padahal dia sebenarnya juga tahu bahwa apa yang dikatakan orang lain ada benarnya juga. Dia akan tetap kokoh mempertahankan pendapatnya tanpa memedulikan apa yang dikatakan orang yang berbeda pendapat dengannya. Ada perasaan gengsi yang menyebabkan ketidakmauan belajar, “Masa sih aku harus merubah pendirianku gara-gara dia? Aku nggak mungkin salah, dialah yang salah.”

Anggapan bahwa orang lain salah dan diri kita benar inilah yang menghambat kita untuk belajar. Hendaknya kita menelaah dulu apa yang dikatakan orang lain. Jangan langsung menolak mentah-mentah pendapat orang lain.

Pesan: Jangan malu belajar pada orang lain.

Penulis :
Dharma Putra

Komentar
  1. sugiarno mengatakan:

    Tenang, … saya tidak malu belajar dari orang lain🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s