Kitab Gundul Vs Kitab Gondrong

Posted: Mei 22, 2010 in Bahasa Arab

Hehehehe apa sih sebenarnya yang membedakan antara buku ama kitab ? sepintas keduanya adalah sama,tapi entah mengapa sepertinya berbeda,ya paling tidak dari orang-orang yang menyebutnya.Bagi kalangan santri mereka lebih suka menggunakan kata kitab sedangkan bagi para pelajar umum mereka menyebutnya buku.

Di kalangan santri juga ada istilah kitab kuning,dan penyebutan ini akan membuat orang yang awam berfikir bahwa kitabnya memang berwarna kuning,padahal tidak semua berwarna kuning,ada juga nama lain dari kitab kuning yaitu kitab gundul,hehehe,jadi teringat jet-li dalam kungfu master.mengapa di sebut kitab gundul ? karena peyebutan ini juga akan mengundang pertanyaan,jika ada kitab gundul maka harus ada juga dong kitab gondrong.hehehe.

Kitab gundul atawa kitab kuning memang tidak memiliki baris ,jadi kita tidak akan menemukan dhomah,kasroh,fathah,di kitab tersebut,lalu bagaimana dong cara membacanya ? mau tidak mau,rela atawa tidak rela kita harus belajar nahwu shorof,makhluk apalagi ini ? hehehe.

nahwu shorof bisa dikatakan tata bahasa arab..dengan menguasai ilmu ini kita bisa menganalisa teks-teks bahasa arab apalagi kalau penguasaan mufrodat(kosa kata) kita lumayan maka kita bisa menterjemahkan teks-teks bahasa arab ke dalam bahasa indonesia.tentu ada lagi lagi cabang bahasa arab yang lain,tapi minimal dengan menguasai nahwu shorof kita bisa baca deh kitab gundul.

Karena itu bagi kita yang ingin memperdalam ilmu agama islam,maka nahwu shorof adalah sebuah keharusan,karena kitab suci dan hadist nabi menggunakan bahasa arab.dalam kitab suci di sebutkan ‘’sesungguhnya kami menurunkan Al-Qur’an dengan berbahasa arab,agar kamu memahaminya”(QS.YUsuf ayat 2).

Dengan ilmu ini juga kita bisa membaca kitab-kitab gundul yang biasa di ajarkan di pondok pesantren,walaupun sekarang telah banyak yang di terjemahkan tapi alangkah baiknya kalau kita bisa merujuk langsung kepada kitab aslinya.

bagi anda yang enggak pernah mondok,sebenarnya enggak perlu kecil hati,sekarang sudah banyak buku belajar tata bahasa arab yang di susun bagi kita-kita yang ingin belajar tampa guru.di antara buku tersebut adalah buku yang di susun oleh mas Akhmad Munawari yang berjudul belajar cepat tata bahasa arab.

Buku ini membahas tentang isim (kata benda) di tinjau dari jenisnya dan bilangannya,fi’il (kata kerja) di tinjau dari segi waktunya,yaitu fi’il madhi (kk bentuk lampau)fi’il mudhore (kk yang menunjukan arti sedang) dan fi’il amr (kk yang menunjukan perintah)

Selain itu di bahas juga tentang hurup (kata) dalam bahasa arab,dalam buku ini paling tidak ada sekitar 14 hurup di antaranya adalah huruf JAR yaitu hurup yang menjadikan isim (kata benda)setelahnya di I’robi majrur atawa kasroh,contohnya an=dari,ila=ke,ala=atas,pi=di dalam,jadi kalau ada hurup-hurup ini maka baris setelahnya harus di baca kasroh atawa akhirnya harus iiiii.

Ada juga hurup inna dan cs-csnya yang menjadikan isim setelahnya di i’robi nashob atawa fathah.contohnya inna=sesungguhnya,lakinna=tetapi,ka’nna=seakan-akan,lalla=mudah-mudahan.selain itu ada hurup nida’ yaitu hurup yang di gunakan untuk memanggil,contohnya, yaa,hayya,=wahai.masih banyak contoh hurup-hurup lainnya.

selain mengenal hurup kita juga di kenalkan dengan i’rob,jumlah ismiyah dan jumlah fi’liyah,dan kita juga akan tahu apa itu maf’ul (objek pelengkap penderita),dhomir (kata ganti)naibul fa’il ( yaitu isim yang di dhomahkan sebagai pengganti fa’il (subjek).

kana dan cs-csnya,bina -i’robnya fi’il mudhore,fi’il mujarod (kata kerja yang hurupnya masih asli belum mendapat tambahan) fi’il mazid yaitu f’i’il atawa kata kerja yang hurupnya sudah mendapat tambahan.

pokonya beli aja deh bukunya,InsyaAllah bermamfaat,karena buku ini juga di lengkapi dengan tabel untuk ilmu shorof,sehingga kita juga akan mendapat kemudahan untuk memahaminya.di tambah dengan latihan-latihan yang akan membuat belajar kita tambah menyenangkan.

jadi untuk membaca kitab gundul,kita tidak di haruskan untuk gundul terlebih dahulu hehehe,bagaimana dengan kitab gondrong ? kalau yang ini sama aja dengan buku-buku lainnya.hehehe

Penulis :
Mukti Ali

Komentar
  1. Kitab kuning mengatakan:

    Buat konco2 santri yg mau app puluhan kitab kuning di hp(berbagai fan ilmu)silahkan konfirmasi di fb ana,ato silahkan klik di http://kitabgundul.blogspot.com/2010/12/kitab-kuning-untuk-hp-java.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s