Huruf Han

Posted: Mei 22, 2010 in Bahasa Mandarin

Seperti yang kita ketahui, Bahasa Mandarin pada beberapa tahun terakhir ini menjadi bahasa yang diminati banyak orang untuk dipelajari. Namun kesulitan mereka acapkali terletak pada hurufnya yang luar biasa susah untuk dihafal, ada yang bilang, seperti gambar, seperti jahe, seperti cacing, dll.

Sebenarnya mengenal huruf Han (Hanzi, atau yang biasa dalam Bahasa Jepang disebut Kanji), tidak harus plek hafal mati. Para pakar di Tiongkok sendiri sudah melakukan banyak penelitian, mencari pola yang bisa membantu para pembelajar Bahasa Mandarin lebih cepat menguasai Hanzi ini. Salah satunya adalah dengan mempelajari atau mengetahui asal mula bentuk huruf tersebut.

Di sini saya akan coba mengambil beberapa contoh yang menarik, yang bisa membantu kita mengingat Hanzi.

MANUSIA; ORANG – REN. Pada awalnya manusia berdiri di atas kedua kakinya, dan menyadari dirinya sebagai manusia, dan saat dia merentangkan kedua tangannya, dia mengatakan BESAR – DA. Namun, di atas orang (ren), meskipun dia besar (da), tetap ada yang lebih besar lagi, yaitu LANGIT; SURGA – TIAN. TIAN selain berarti langit, surga, juga berarti hari. Ketika pagi hari kita memandang langit (tian), kita bisa melihat keindahan cahaya dan merasakan kehangatan mentari, MATAHARI – RI, dan saat malam tiba, kita bisa melihat BULAN – YUE, dan menikmati sinar keperakan yang memancar ke bumi. Orang jaman dahulu, berpikir kalau bulan dan matahari keduanya memancarkan sinar, dan mereka menyatukan kedua huruf tersebut, RI dan YUE — menjadi huruf MING, untuk mengutarakan, tidak ada sinar yang lebih terang daripada sinar dari kedua benda langit ini, dan akhirnya huruf tersebut diartikan sebagai BRILIAN, TERANG, JELAS…. dst.

Dari sepenggal “karangan” cerita di atas, kita sudah belajar 6 buah Huruf Han. Belajar huruf sekaligus mengetahui asal mula huruf tersebut, menarik bukan? (Ilustrasinya bisa dilihat di atas)

Tapi semua hal ini tentunya tidak terlepas dari peranan pembelajar tersebut, mereka dituntut untuk membaca banyak referensi, dan “mungkin” lebih kreatif dalam “membuat cerita”, karena itu yang membantu kita lebih cepat menguasai Hanzi. Atau, mungkin ada yang lebih cepat lagi, para pengajar Bahasa Mandarin, diharapkan meningkatkan pengetahuannya di bidang ini, sehingga saat mengajar, bisa menerapkan cara ini untuk membantu anak didiknya menguasai lebih cepat huruf-huruf Han tersebut.

Penulis :
Lenny

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s