Belajar Mengenal Bahasa Inggris Lagi, Yuk!

Posted: Mei 22, 2010 in Bahasa Inggris

That’s not my cup of tea.

************

Sekarang saya ingin berbagi lagi tentang sebuah ungkapan dalam Bahasa Inggris yang baru saja saya dapatkan beberapa hari lalu ketika berdiskusi informal dengan salah seorang teman British disini.

Dalam diskusi informal itu saya mengungkapkan suatu kegiatan yang bagi saya tidak enjoyable alias tidak memberi kenikmatan bagi saya pribadi. Lalu saya meminta pendapat beliau seandainya dia berada pada posisi saya dan maka lahirlah kata-kata ini dari mulutnya:

That’s not my cup of tea!

Hmmm….apa pula artinya itu, mister? Sambil berpikir-pikir artinya dalam hati, maka saya coba hubungkan dengan kebiasaan orang Inggris yang gemar minum teh sehingga ada yang disebut tea time! Tea time ini adalah waktu break kala sedang bekerja. Kadang-kadang tea time ini bisa jam 13:00, bisa jam 15:00, dan juga bisa jam setelah habis makan malam.

Oh ya, disini nama-nama jam makannya adalah sebagai berikut: breakfast, lunch, dinner, dan supper. Mengenai jam-jam makan ini, akan kita bahas lebih lanjut ya karena perlu diadakan penelitian kecil-kecilan, hahahahahahaaha…

Kembali kepada kebiasaan minum teh orang Inggris. Orang Inggris memang sangat gemar minum teh sehingga setiap kali habis makan pasti selalu minum English tea. Duduk bersantai bersama keluarga dan orang-orang tercinta, juga minumnya pasti selalu English tea. Seperti iklannya Teh Sosro, apapun makannya, yang penting minumnya adalah English Tea! wuakakakakakaakak…

English tea itu sendiri bagaimana? English tea itu adalah teh dicampur susu. Tehnya adalah teh celup. Perbandingannya sesuai selera, ada yang strong, mild, dan ada yang weak. Strong berarti susunya sedikit saja, mild artinya yang sedang-sedang saja susunya sehingga pas susunya, lalu yang weak artinya susunya lumayan banyak. Orang Inggris sendiri tidak suka yang weak. Umumnya mereka suka strong atau mild. Cara membuatnya adalah seduh teh celup dengan air mendidih, diamkan beberapa saat dulu untuk mendapatkan teh yang benar-benar coklat, lalu setelahnya anda tambahkan susu segar.

Nah, apa pula hubungannya dengan ungkapan diatas tadi? Itu artinya jika anda atau seseorang berkata: That’s not my cup of tea, maka itu berarti anda tidak menikmati kegiatan tersebut atau itu bukan style anda dalam menikmati sesuatu.

Contoh: saya diundang ke sebuah pesta dimana pesertanya diwajibkan memakai bikini dalam pesta itu. Namun karena saya bukan tipe orang yang senang berbikini ria meskipun itu di kolam renang, maka saya bisa menjawab: I am sorry, that’s not my cup of tea… *wink*

Semoga pelajaran hari ini bermanfaat buat teman-teman semua. Now it’s my tea time here!

Penulis :
Inge

Tinggalkan Balasan

