Belajar dari Serangga Kecil

Posted: Mei 22, 2010 in Motivasi

Di minggu siang ini, Olive sedang bermain di halaman teras rumah sambil menikmati terangnya matahari yang bersinar cerah. Sambil bermain diatas pasir, mata Olive melihat ke arah sebuah serangga hitam kecil di dekatku. Serangga itu tampaknya sedang dalam posisi terbalik dengan kaki di atas, namun ia sedang berusaha untuk mengembalikan posisi normalnya kembali.

Dia berusaha menendang-nendang ke udara dengan segenap tenaga, namun usahanya tampak sia-sia saja. Saya mulai merasa kasihan sambil terus menatapnya dan berpikir, ya… sebentar lagi juga pasti serangga yang satu ini bakal menyerah, dan nantinya mati….pikirku sambil terus bermain.

Sehabis Olive bermain, lalu Olive beranjak ke kamar tidur untuk sekedar menutup mata berusaha untuk mendapat sekejap tidur siang mumpung anginnya sedang sepoi-sepoi. Namun Olive terganggu oleh suara mendengung yang dihasilkan oleh serangga tadi. Olive benar-benar berpikir seharusnya dia mati atau hampir mati. Tapi setelah Olive perhatikan lagi, ternyata serangga itu belum menyerah dari perjuangannya. Dan tampaknya sebelum tujuan dan misinya itu tercapai, dia menolak untuk menyerah dan mati dalam posisi terbalik seperti itu. Dia terus saja berusaha.

Lalu Olive berpikir, seberapa banyakkah kesempatan hidup yang dimiliki serangga kecil ini ? Kalaupun nanti dia berhasil membalikkan tubuhnya dan berjalan, dalam hitungan dua menit dia bisa saja mati terinjak orang di rerumputan atau bahkan dibunuh dengan sengaja oleh manusia, oleh saya contohnya. Dia bisa juga dimakan oleh burung, atau mati karena alasan sederhana lainnya. Namun dengan kesempatan hidup yang begitu kecil dan tak seberapa, ia tetap berjuang dengan tekun. Dengan terus berpikir, bahwa kalau serangga ini benar-benar ingin hidup, maka olive akan membantunya mendapatkan tujuan dan menggenapkan misinya itu!, Olive pun benar-benar membantunya walau agak terlambat (mestinya dari tadi, maksudnya…). Dengan perlahan Olive membalikkan tubuhnya supaya tidak menyakiti tubuh makhluk kecil itu. Dan setelah itu Olive benar-benar berharap ia bisa hidup sedikit lebih lama dari perkiraanku semula.

Beberapa detik setelah menerima bantuanku, serangga itu tidak bergerak sama sekali. Namun perlahan ia bergerak dan melangkah pergi seolah tak pernah ada momen berat dalam hidupnya tadi. Tanpa Olive sadari, sebuah pelajaran berharga tentang kehidupan baru saja Olive petik dari seekor serangga hitam itu. Kurang lebih ini yang Olive dapatkan:

Jangan fokus pada betapa besarnya masalah kita. Bergeraklah terus dan fokuslah untuk mendapat kemenangan atas masalah itu.

Seperti serangga tadi, serangga ternyata tidak punya kemampuan untuk kuatir seperti kita semua. Mereka secara sederhana melakukan kehidupan harian mereka seperti sudah diprogram demikian. Dia cuek saja walau posisinya sama sekali tidak menguntungkan. Dan ketika Olive membantunya, walau ia pertama diam dulu selama beberapa detik, dia tidak menunggu lebih lama lagi untuk segera berjalan melanjutkan kehidupan.

Berimanlah

Persis seperti serangga yang sepertinya beriman bahwa ia pasti bisa lolos dari masalahnya dan tidak putus asa mencoba untuk mendapat jalan keluar, kita juga harus Teguh terhadap iman kita kepada Tuhan. Tuhan sanggup kok menjaga kita dalam segala situasi dan memberi kita pertolongan tepat pada waktunya.

Terima bantuan dari orang lain

Kita memang harus saling mengasihi dan mendukung satu sama lain sebagai bagian dari tubuh Kristus. Ada diantara kita yang tahu masalah orang lain, dan ada yang bisa tahu langkah terbaik untuk memecahkan masalah karena ia dibimbing oleh Roh Kudus. Dengan begini, setiap orang bisa berguna bagi saudaranya. Jangan egois, karena Alkitab pun setuju bahwa dua orang yang bersatu lebih kuat dari pada seorang diri.

Dipimpin oleh Roh

Dari pada bingung sendiri mau jalan ke arah mana, lebih baik dengar petunjuk Tuhan supaya kita tidak perlu sampai salah jalan atau tersandung di jalan asing sampai harus berada dalam posisi terbalik seperti seranga tadi.

Jadi saudaraku, lain kali bila kita bertemu dengan serangga kecil di sekitar kita, ingatlah akan pelajaran penting yang bisa kita petik darinya. Baik pelajaran besar maupun kecil, semua berharga untuk pertumbuhan hidup rohani kita. Salam dalam Nama Tuhan dari Olivia Anggraeni Putri.

Penulis :
Olivia Anggraeni Putri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s