Belajar dari Lebah

Posted: Mei 22, 2010 in Motivasi

Dalam Al-qur’an ada lima surat yang menggunakan nama binatang :

1. Surat Al-Baqarah artinya sapi betina
2. An-Nahl artinya lebah
3. An-Naml artinya semut
4. Al-Ankabut artinya laba-laba
5. A-Fil artinya gajah

Semua ada pelajaran yang Allah ingin berikan kepada kita, karena semua surat itu mengandung cerita yang kita bisa ambil hikmahnya.

An-Nahl terdapat dalam surat an-Nahlk ayat 68-69, menjelaskan tentang prilaku hidup lebah. Hal ini kemudian diperjelas lagi oleh sabda Rasulullah saw. “sesungguhnya perumpamaan orang mukmin itu seperti lebah, makan yang baik, mengeluarkan yang baik, tidak menggganggu kecuali diganggu, tidak membuat patah ranting ynag dihinggapinya, dan hidup bergerombol (berjamaah)”.

Seorang muslim hendaklah makan yang halal lagi baik, dia tidak sembarang makan kecuali sudah jelas kehalalnya. Dalam Islam kita akan ditanya dari mana harta itu diperoleh, dengan cara apa harta itu diperoleh, dipergunakan untuk apa harta itu digunakan.

Dalam masalah makan, Bahkan Allah bukan hanya mengingatkan orang Islam saja, tapi semua manusia hendaknya makan yang halal lagi baik.

Orang beriman hidupnya selalu memberikan kebaikan kepada orang lain, tidak terpikir dalam hatinya untuk melakukan hal-hal yang tidak baik. sama seperti lebah yang hanya mengeluarkan madu, maka orang beriman keberadaannya seperti madu, memberikan kebaikan kepada lingkungannya. dia bermanis muka, bertutur kata yang baik, dan bertingkah laku yang sopan. Kalau pun harus kritis tidak menghina, tapi dibarengi kesantunan dan tentunya solusi.

Orang beriman tidak akan mengganggu orang lain kalau dia tidak diganggu. Karena prinsip hidup kita adalah tidak mencubit kalau tidak dicubit.

Orang beriman tidak merusak, dia selalu berfikir untuk membuat kebajikan. dia akan merasa berdosa manakala membuang sampah sembarangan. lalu bagaimana yang menebang pohon sembarangan ?

Orang beriman selalu memdahulukan berjamaah, menghindari hidup individualis. karena dengan hidup berjamaah hidupnya akan lebih mudah lagi.

Penulis :
Badrudin Al-jauhari

Komentar
  1. kanzunqalam mengatakan:

    informatif dan menarik…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s