“Mengenal dan Belajar tentang Masyarakat Jepang”

Posted: Mei 22, 2010 in Bahasa Jepang

T-co ( baca Teleconference) perdana 1000guru di SD Al-Irsyad 02 Cilacap mengambil tema “Mengenal dan Belajar tentang Masyarakat Jepang”. T-co dilaksanakan pada hari Sabtu, 15 Mei 2010 pukul 09.30 WIB. Presentasi disampaikan oleh saudari Isti Winayu Reaserch Student-GSAPS Waseda University Tokyo. Walaupun persiapan kurang maksimal dan terjadi kekurangan disana sini tetapi Alhamdulillah saat presentasi berjalan dengan meriah.
Mengenal dan Belajar tentang Masyarakat Jepang, oleh guru relawan Isti Winayu, Waseda University, Japan

Mengenal dan Belajar tentang Masyarakat Jepang, oleh guru relawan Isti Winayu, Waseda University, Japan

Seratusan siswa dan beberapa asatidz dan asatidzat ternganga mengikuti presentasi menarik tentang karakter masyarakat Jepang yang menakjubkan. Bahkan ditengah acara berlangsung, coordinator t-co SD Al-Irsyad 02, Ariawan Istiadi dibuat terkejut karena hadir Ibu Rumiyati, S.Pd selaku pengawas TK-SD UPT Disdikpora kec. Cilacap Tengah. Lebih terkejut lagi diakhir presentasi, Bapak H. Darno, S.Pd. MM selaku Ka. UPT dapat hadir setelah dihubungi oleh Bapak Budiyono Kepala Sekolah SD Al-Irsyad 02 Cilacap (karena Sabtu kantor dinas di seluruh Cilacap libur).

Presentasi dari guru relawan Saudari Isti Winayu diawali dengan perkenalan diri, dilanjutkan paparan slide tentang ketatanegaraan Jepang. Selanjutnya tentang hal-hal menarik di Jepang, karakter bangsa Jepang, kehidupan social ekonomi, kesehatan masyarakat dan yang menarik dan memicu pertanyaan adalah tentang pendidikan di Jepang. Foto-foto dan video yang ditampilkan lebih menambah daya tarik audiens yang notabene masih anak-anak.
Video perkenalan guru relawan

Video perkenalan guru relawan

Beberapa pertanyaan dilontarkan oleh seluruh peserta T-co, diantaranya pertanyaan dari Ka. UPT bapak Darno; 1. Jam belajar di sekolah. 2. Kualifikasi guru. 3. Ujian-ujian. 4. Mata pelajaran dsb. Kemudian pertanyaan dari Ibu Rum pengawas TK-SD; 1. Jumlah siswa per-kelas. 2. Program bilingual. Dilanjutkan pertanyaan dari guru; dari Ust. Heri; Apakah untuk tingkat sekolah dasar diajar oleh guru kelas atau guru bidang study?; Ust. Khasani; Apakah betul siswa sekolah dasar sudah diajari teknologi (membuat barang tertentu)? Adapun dari siswa bertanya tentang keramahan masyarakat, hubungan siswa dan guru serta guru dan siswa di Jepang.

Dari presentasi Saudari Isti dan pertanyaan audiens dapat diambil teladan:

a. Kedisiplinan, keteraturan, kesetiaan, kerja keras, kesopanan, budaya antri masyarakat Jepang.

b. Karakter tersebut di atas terbentuk dalam jangka ratusan tahun dan di ajarkan sejak dini.

c. Kecintaan masyarakat Jepang kepada bahasa ibu karena 90% bacaan ditulis dalam huruf kanji sekalipun buku dari luar Jepang.

d. Kemajuan masyarakat Jepang bukan karena lebih jenius dari bangsa lain tetapi karena keingintahuannya yang besar.
Adik-adik siswa SD Al-Irsyad 02 Cilacap asyik mengkuti jalannya Te-Co

Adik-adik siswa SD Al-Irsyad 02 Cilacap asyik mengkuti jalannya Te-Co

e. Dan kemajuan yang dicapai Jepang tidak menjadikan mereka lupa jasa nenek moyangnya, tradisi dan budaya serta peninggalan sejarah sangat dijaga, dirawat dan dipertahankan.

f. Masih banyak yang perlu diteladani dari masyarakat Jepang…arigatou ghozaimashita….!

Akhirnya, mendekati pukul 11.00 WIB saudari Isti mengakhiri presentasinya dengan memberi motivasi kepada para siswa, yang akan ujian pada hari Senin, 17 mei 2010.

Salam pendidikan yang membebaskan!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s