10 Metode Populer dalam Mendidik

Posted: Maret 30, 2010 in Umum

Solehuddin Nasution
Kebetulan saya mengikuti sebuah kegiatan pelatihan yang dilaksanakan oleh sebuah lembaga yang konsen terhadap pendidikan anak. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 27-28 Maret 2010 di Aula Children Center Pusat Kegiatan Anak (PKA) Darul Amanah, Aceh Barat.

Peserta Sedang Melakukan Diskusi Kelompok

Adapun para peserta yang mengikuti pelatihan berasal dari berbagai kalangan guru Taman Kanak-Kanak (TK) yang ada di Kabupaten Aceh Barat dan Nagat Raya. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kepada para guru dalam melakukan kegiatan proses belajar – mengajar bagi siswa-siswinya.

Selama pelatihan berlangsung saya berusaha mengikuti materi-materi yang disampaikan oleh narasumber dengan baik. Saya tertarik disaat salah seorang narasumber menyampaikan materi tentang Memahami Penggunaan Metode Pendidikan Pada Usia Dini. Dalam materi ini disampaikan bahwa ada 10 metode yang dilakukan oleh guru dalam mendidik siswanya. 10 Metode tersebut adalah :

1. Tanya jawab

Metode ini merupakan proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dengan cara tanya jawab kepada siswanya. Berbagai media juga bisa dipergunakan dalam metode ini, misalnya melalui gambar, benda dan mainan yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan kepada anak-anak.

2. Bernyanyi

Metode ini merupakan proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru kepada siswanya dengan cara bernyanyi. Kegiatan bernyanyi ini dilakukan kepada anak-anak sesuai dengan materi yang telah disusun.

3. Bercerita

Metode ini merupakan proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dengan cara bercerita yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan kepada anak-anak.

4. Praktek langsung

Metode ini merupakan proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dengan cara melakukan praktek secara langsung sesuai dengan materi yang akan disampaikan kepada anak-anak.

5. Pemberian Tugas

Metode ini merupakan proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dengan cara pemberian tugas kepada anak-anak.

6. Sosiodrama

Metode ini merupakan proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru kepada anak dengan cara bermain peran dan disesuaikan dengan materi yang telah disusun.

7. Demonstrasi

Metode ini merupakan proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru kepada anak dengan cara melakukan, memperlihatkan, mengerjakan dan mempertanyakan kepada anak tentang media, benda atau permainan yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan pada anak.

8. Eksperimen

Metode ini merupakan proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru kepada anak dengan cara anak-anak melakukan percobaan langsung tentang materi yang disampaikan.

9. Bercakap-cakap

Metode ini merupakan proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru kepada anak dengan cara berbicara atau menyampaikan materi pada anak-anak.

10. Karya wisata

Metode ini merupakan proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru kepada anak dengan cara membawa anak kelokasi atau tempat tententu (rekreasi) sambil belajar.

Ke -10 metode ini lah yang sering dipergunakan oleh para guru untuk mendidik siswanya di sekolah agar para siswa memiliki pengetahuan, pengalaman dan kepribadian yang baik.

Namun keberhasilan dari tujuan metode ini, juga ditentukan oleh sikap, kesabaran dan hati yang tulus serta kemampuan guru dalam mengimplementasikannya kepada anak-anak.

Oleh karena itu, jika 10 metode ini dilakukan dengan sikap, kesabaran dan hati yang tulus serta kemampuan guru dalam mengimplementasikannya kepada anak-anak maka keberhasilan dari tujuan dalam pendidikan itu akan mudah tercapai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s