Kata Ulang dalam Bahasa Indonesia

Posted: Mei 24, 2010 in Bahasa Indonesia

Salah satu cara untuk menyatakan jamak dalam bahasa Indonesia adalah dengan mengulang kata dasarnya. Mobil-mobil adalah ungkapan jamak dari mobil, rumah-rumah adalah ungkapan jamak dari rumah, demikian seterusnya.

Setahu penulis, jarang sekali bahasa besar di dunia ini yang menyatakan jamak dengan cara mengulang kata dasar. Dalam bahasa Inggris, secara umum untuk menyatakan jamak cukup dengan menambahkan huruf s atau es di akhir kata dasarnya. Agak mirip dengan bahasa Inggris, dalam bahasa Arab untuk menyatakan jamak umumnya dengan cara menyisipkan huruf tertentu di bagian tengah dan/atau di bagian akhir kata dasarnya.

Mungkin ada yang tidak sependapat, tetapi bahasa yang menggunakan kata ulang untuk menyatakan jamak terkesan sebagai bahasa yang belum berkembang dengan baik. Terkesan juga bahwa masyarakat pengguna bahasa tersebut kurang kreatif dalam mencari pola lain dalam membentuk kata jamak.

Masalah lain adalah bahwa kata ulang untuk menyatakan jamak cenderung lebih boros penggunaan huruf dibandingkan dengan hanya memodifikasi kata dasar seperti pola yand ada dalam bahasa Inggris atau bahasa Arab.

Pemborosan ini tampaknya masalah sepele, tapi kalau kita mencoba melihat secara kumulatif banyaknya ruangan, tenaga dan waktu yang terbuang, sesungguhnya ini tidak sesepele yang dibayangkan. Apalagi pemborosan itu sebetulnya dapat dicegah dengan niat dan sedikit usaha untuk menemukan jalan keluarnya.

Dalam bahasa Indonesia, untuk beberapa kata sebetulnya sudah ada bentuk kata ulang yang hemat huruf. Coba perhatikan kata pepohonan yang dapat menjadi pengganti kata pohon-pohonan. Dalam contoh tersebut, dua huruf (pe) dapat menggantikan lima huruf (pohon). Perhatikan juga kata rerumputan yang dapat menjadi pengganti kata rumput-rumputan. Dua huruf (re) dapat menggantikan enam huruf (rumput). Bahkan kata laki-laki pun sudah lumrah diganti dengan lelaki.

Lalu mengapa kita tidak mencoba menggunakan pola tersebut untuk kata ulang yang lain? Rerumah untuk rumah-rumah, memobil untuk mobil-mobil, bebaju untuk baju-baju, gegunung untuk gunung-gunung, dan seterusnya. Rumus untuk tambahan dua huruf di awal kata juga sudah terlihat dengan jelas, yaitu huruf pertama kata dasar ditambah dengan huruf e.

Itu kalau huruf pertama kata dasar adalah konsonan, lalu bagaimana jika huruf pertama kata dasar adalah huruf vokal?

Penulis telah mencoba mencari pola yang sudah ada dalam bahasa Indonesia dan menemukan satu kata ulang yang diawali dengan huruf vokal yang cocok sebagai contoh pola, yaitu alang-alang. Dalam banyak ungkapan alang-alang sudah sering diganti dengan ilalang. Walaupun alang-alang itu sebetulnya bukan kata ulang, namun mungkin pola ini dapat juga digunakan untuk kata ulang yang diawali dengan huruf vokal. Jadi orang-orang menjadi irorang, atap-atap menjadi itatap, ayam-ayam menjadi iyayam, dan seterusnya. Rumus umum untuk dua huruf awalannya adalah huruf i ditambah dengan huruf kedua dari kata dasar.

Kata ulang dalam bahasa Indonesia tidak hanya berfungsi untuk menunjukkan jamak, tapi juga berfungsi antara lain :
- Menyatakan benda yang menyerupai kata dasar itu. Misalnya: anak-anakan, orang-orangan.
- Menyatakan bahwa pekerjaan itu dilakukan berulang-ulang atau beberapa kali. Misalnya: meloncat-loncat, menyebut-nyebut.
- Menyatakan makna lebih (intensitas). Misalnya: cepat-cepat, baik-baik.

Mungkinkah pola yang sama diterapkan untuk kata ulang yang tidak untuk menunjukkan jamak tersebut?

Penulis pikir sangat mungkin. Jadi anak-anakan menjadi inanakan, orang-orangan menjadi irorangan, meloncat-loncat menjadi meleloncat, menyebut-nyebut menjadi menyesebut, cepat-cepat menjadi cecepat, dan baik-baik menjadi bebaik.

Semoga dapat menjadi masukan untuk Pusat Bahasa Depdiknas.

Penulis :
Ichwan Depok

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s